Subscribe Us

Welcome to our website. Neque porro quisquam est qui dolorem ipsum dolor.

Lorem ipsum eu usu assum liberavisse, ut munere praesent complectitur mea. Sit an option maiorum principes. Ne per probo magna idque, est veniam exerci appareat no. Sit at amet propriae intellegebat, natum iusto forensibus duo ut. Pro hinc aperiri fabulas ut, probo tractatos euripidis an vis, ignota oblique.

Ad ius munere soluta deterruisset, quot veri id vim, te vel bonorum ornatus persequeris. Maecenas ornare tortor. Donec sed tellus eget sapien fringilla nonummy. Mauris a ante. Suspendisse quam sem, consequat at, commodo vitae, feugiat in, nunc. Morbi imperdiet augue quis tellus.

Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 Kokap

PGP-Angkatan 1-Kab. Kulon Progo-Afdhol Abdul Hanaf-Modul 1.2.a.11-Rancangan Aksi

 

 

Latar Belakang

Guru memiliki peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Secara umum, tugas guru dalam pendidikan adalah sebagai pendidik, elatih, dan penuntun peserta didik sesuai dengan potensi yang dimiliki peserta didik.Namun pada kenyataannya, pelaksanaan pendidikan yang ideal belum terlaksana secara efektif. Pembelajaran yang dilakukan masih bersifat tradisional, kurang menarik, dan tidak berpihak pada peserta didik. Untuk itu diperlukan perubahan pembelajaran di mana nilai-nilai kemandirian,reflektif, kolaboratif, dan berpihak pada peserta didik harus dilaksanakan dalam pelaksanaan pembelajaran.

 

Tujuan

Terciptanya perubahan pembelajaran yang lebih menarik, variatif, kolaboratif, reflektif, dan berpihak pada peserta didik.

 

Tolok Ukur

1.     Pembelajaran yang bervariasi

2.     Proses pembelajaran yang reflektif, kolaboratif, dan berpihak pada peserta didik.

3.     Peserta didik tidak bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran

4.     Peserta didik dapat membuat penugasan dengan rasa senang sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

5.     Peserta didik mampu merefleksikan diri

 

Linimasa Tindakan yang Akan Dilakukan

1.     Membuat kesepakatan kelas (kontrak belajar) yang dibuat bersama dengan peserta didik.

2.     Melakukan refleksi atas kontrak belajar yang telah disepakati bersama.

3.     Membentuk kelompok untuk berdiskusi mengenai materi yang dipelajari, sekaligus membuat media sajian sesuai dengan yang diinginkan oleh peserta didik (dapat berupa powerpoint, mind map, video pendek, bercerita di depan kelas, drama, dan lain-lain, sesuai dengan potensi yang dimiliki kelompok).

4.     Setiap kelompok menyajikan media sajian yang telah mereka buat dengan senang, bahagia, dan merdeka. Peserta didik yang tidak presentasi dapat memberikan tanggapan, masukan yang membangun, serta apresiasi kepada peserta didik yang presentasi.

5.     Guru bersama dengan peserta didik melalukan evaluasi dan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.

 

Dukungan yang Diperlukan

1.     Kepala sekolah

2.     Guru

3.     Orang tua / wali peserta didik

4.     Peserta didik

5.     Alat, media, dan sumber pembelajaran